Rabu, 25 Juli 2007

Windows XP - Mengunci Aplikasi yang Ada dalam Menu Start

Merasa cukup dengan aplikasi yang ada dalam menu Start? Jika ya, sebaiknya kunci susunan yang ada dalam menu Start sehingga orang lain tidak bisa mengubahnya.

Tips : Menu Start biasanya berisi shortcut dari aplikasi-aplikasi yang ter-install dalam sistem Windows XP. Hampir semua aplikasi Windows yang di-install akan mendaftarkan shortcut-shortcut pentingnya dalam menu Start. Pengguna Windows juga seringkali menyusun shortcut tersebut secara manual agar terlihat lebih rapi dan nyaman untuk dilihat. Lalu, bagaimana jika ada seseorang (teman atau saudara) Anda secara tiba-tiba mengubah susunan shortcut tersebut? Tentunya, rasa kecewa akan menghinggapi Anda. Oleh karena itu, jika Anda telah yakin tidak ingin mengubah susunan shortcut tersebut dan merasa cukup dengan aplikasi yang ter-install sehingga tidak ada keinginan untuk meng-install aplikasi baru, sebaiknya Anda kunci daftar shortcut pada menu Start tersebut. Caranya, sama seperti trik-trik sebelumnya, yaitu melalui penambahan entry dalam registry.

Buka program registry editor dengan cara yang sudah disebutkan pada trik sebelumnya. Kemudian, masuklah ke dalam key “HKEY_CURRENT_USER Software Microsoft Windows CurrentVersion Policies Explorer”. Buat “Dword value” baru di dalam key tersebut. Klik saja “Edit New Dword value”. Berilah nama baru untuk entry tersebut, yaitu “NoChangeStartMenu”. Lalu, klik ganda untuk membukanya. Sekarang, ketikkan angka “1” pada “Value data” lalu klik “OK”. Tutup registry editor dan restart PC Anda. Setelah Anda kembali ke dalam sistem Windows XP, coba Anda buka menu Start. Klik kanan dalam salah satu shortcut. Apakah masih muncul menu konteks? Tentu saja tidak. Kini, pengubahan susunan yang biasanya ada pada menu konteks seperti Copy, Paste, Open, Short by Name, atau Properties sudah tidak bisa diakses lagi. Untuk mengubahnya ke keadaan sebelumnya, Anda cukup me­ngembalikan angka "1” pada “Value data” dalam registry menjadi angka “0” (nol). Mudah bukan untuk melakukan trik ini? Selamat mencoba.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Visit Yogyakarta / Jogja Adsense Indonesia